Monday 5 November 2012

Mematikan PC dengan Command Prompt


Kebayakan orang mematikan komputer dengan  menekan tombol yang tersedia pada Start Menu. Sebahagian orang menekan tombol power yang ada pada CPU.  Sedikit dari kita menggunakan Command prompt untuk mematikan Komputer.
Nah disini saya berusaha ulas secara singkat bagaimana mematikan komputer menggunakan Command prompt.
Syarat: Komputer yang digunakan  adalah OS Windows (XP, Vista, 7 atau 8)
Langkah :
1.     Tekan Windows key + R 
 2.     Ketik “CMD” lalu tekan “Enter”

1.   Mematikan CPU (Local Machine) = Ketik “shutdown –s” pada command prompt, lalu tekan tombol “Enter”
2.       Restart komputer = Ketik “shutdown –r” pada command prompt, lalu tekan tombol “enter”
3.   Log Off the Current User = Ketik “shutdown –l” pada command prompt, lalu tekan tombol “enter”.
4.    Mematikan komputer berdasarkan nama komputer = ketik “shutdown –s –m \\nama komputer” pada command prompt, lalu tekan tombol “enter”.
5.      Hibernate a a local computer = Ketik “Rundll32.exe Powrprof.dll,SetSuspendState" tampa tanda kutip, lalu tekan tombol “enter”.
6.       Mematikan komputer pada waktu yang ditentukan = Ketik “shutdown -s -t 60" tanpa tanda kutip, lalu tekan tombol “enter”. Komputer akan mati pada 60 menit berikutnya.
7.      Mematikan komputer dengan menyampaikan pesan = Ketik “shutdown -s  -t 500 -c "saya lelah. Saya mau istirahat." (menggunakan kutip pada pesean) pada command prompt, lalu tekan tombol “enter”. Paramenter –c digunakan untuk memerintah dan menjalankan kotak dialog.
8.   Menghentikan perintah shutdown = ketik “shutdown –a” dan tekan “enter. Perintah ini akan menghentikan perintah mematikan komputer dengan command prompt.

Mohon tulis saran pada kotak dibawah.

No comments:

Post a Comment